REVIEW DRAMA KOREA : HYENA


Drama HYENA adalah salah satu drama terbaik tahun 2020 yang sayang untuk dilewatkan. Tayang di SBS tiap hari Jumat-Sabtu mulai 21 Februari - 11 April 2020, drama ini berhasil memperoleh rating tertinggi sebesar 14,6%.

Dibintangi oleh aktor papan atas Ju Ji Hoon dan aktris veteran Kim Hye Soo, drama bertema hukum-politik ini sukses mencuri hati penonton hingga banyak yang menginginkan untuk dibuat HYENA Season 2.

Lead female awalnya ditawarkan pada aktris Song Hye Kyo namun ditolak. Dan drama ini dipimpin oleh PD yang sama dengan drama My Love From The Star.




SINOPSIS

Bercerita tentang pengacara yang hanya bekerja untuk kalangan 1% terkaya di Korea Selatan.

Jung Geum-ja (diperankan oleh Kim Hye Soo) adalah seorang pengacara yang mengejar kesuksesan dengan cara apa saja. Ia bukanlah lulusan perguruan tinggi karena latar belakang keluarganya yang tidak mampu, hingga akhirnya ia berhasil lulus ujian sebagai pengacara. Geum-ja sangat ambisius dengan kekuasaan demi meraih masa depan yang lebih baik.

Di sisi lain, Yoon Hee-jae (diperankan oleh Ju Ji Hoon) merupakan pengacara yang sangat percaya dengan kemampuannya. Ia mempunyai pemikiran cerdas yang mengelilingi egonya. Dengan keahliannya, Hee-jae menggunakannya untuk mendukung orang-orang penting di Korea. Ia juga pandai memainkan hukum demi memenuhi kebutuhan kliennya.

Kedua pengacara yang sama-sama ambisius ini terlibat sebuah hubungan cinta, namun mereka harus bertarung didepan meja hijau.

MY REVIEW

Well well.. dari sekian banyak drama genre hukum yang udah gw tonton, harus gw akui bahwa drama HYENA ini adalah drama genre hukum ter-the best yang pernah gw tonton! Plot twist lumayan bikin melongo, bapernya dapet, komedinya juga kental.


Alasan awal kenapa bisa tertarik nonton drama ini adalah  karena pemainnya Ju Ji Hoon. Lalu saat posternya dirilis.. waowww.. powerfull & mencengangkan! Menurut gw posternya epic banget. Gw langsung yakin bahwa drama ini pasti lain daripada yang lain. Dan setelah nonton, ternyata memang lebih bagus dari ekspektasi gw.

Walaupun alasan awal gw nonton drama ini adalah karena Ju Ji Hoon, tapi setelah nonton dramanya, gw malah dibuat jatuh hati dengan lead female-nya yaitu tante Kim Hye Soo yang badass-nya level no kaleng kaleng. Dan menurut gw, ga ada aktris lain yang cocok untuk memerankan karakter Jung Geum Ja selain Kim Hye Soo. She's perfect in every way!

Ga usah panjang lebar, gw akan langsung bahas poin-poin yang menurut gw menarik dari drama ini :

1️⃣ Drama ini adalah drama genre hukum yang antimainstream. Lain daripada yang lain. Drama genre hukum lainnya tu biasanya tokoh utama selalu berada di pihak yang benar atau mengungkap kebenaran atau jadi pahlawan kebenaran. Tapi di drama ini, pengacara bukan berpihak pada kebenaran melainkan berpihak pada klien, tidak peduli klien-nya benar atau salah, yang penting menang di mata hukum atau di pengadilan. Poin inilah yang menurut gw sangat related dengan kehidupan nyata.

2️⃣ Karena bercerita tentang pengacara papan atas, jadi kasus hukum yang diceritakan di drama ini pun juga lain daripada yg lain. Klien yang ditangani adalah golongan orang super kaya, perusahaan-perusahaan terbesar di korea dan public figure. Dari drama ini gw jadi tahu betapa pentingnya posisi kuasa hukum bagi perusahaan besar atau bahkan di dunia politik. Buat yang otaknya separo kayak gw.. ngikutin kasus hukum di drama ini memang rada-rada mikir, gw bahkan  kadang harus ngulang dulu dialog-nya biar paham 🤭🤭 nah setelah paham, gw auto berkomentar "cerdas banget ni drama"

3️⃣ Nyambung dari poin 2, yup.. drama ini dialog-nya cerdas banget. Bukan hanya dialog saat bahas kasus hukumnya saja, tapi pilihan kata yang diucapkan saat adegan romance-pun adalah kata-kata yang biasanya diucapkan oleh kaum intelektual dan punya pemikiran yang mature tentang cinta.


4️⃣ Kisah cinta love-hate relationship di drama ini unik banget. Belum pernah ada sih kayaknya drama korea yang hubungan cinta antara lead male & lead female-nya kayak Tom & Jerry. Klo pas recehhh.. mereka berantem terus kayak anak kecil (padahal dalam hati sebenernya cinta), tapi klo pas serius.. kisah cinta mereka adalah kisah cinta 2 insan yang sama-sama punya pola pikir yang dewasa. Chemistry kayak gini sangat langka lho di drama korea. Btw, ada adegan kisseu di epi 12 yg feel-nya ngena banget 💖

5️⃣ Outstanding characters! Sesuai judul drama ini yaitu Hyena.. kedua tokoh utama sama-sama punya sifat ambisius dan selalu ingin menang, sama-sama punya ego yang tinggi, buas dan licik, dan suka bertarung sesama spesies. Gimana ya.. karakter ini adalah karakter yang punya dua sisi.. di satu sisi karakternya bakalan bikin kita mikir "ihhh kok jahat banget sih.. licik, ga suka!" tapi di sisi lain juga bisa membuat kita mensupport karakter mereka agar bisa survive di kerasnya kehidupan. Bagi gw ini adalah karakter yang unik.


6️⃣ Walau ini drama genre hukum yang kelihatannya serius, tapi unsur komedi-nya juga nampol. Selain adegan lucu karena tokoh utama yang selalu berantem tapi cinta, ada beberapa karakter yang memang dikhususkan untuk menciptakan atmosfer lucu. Perbandingan adegan serius dan lucu adalah 50:50 jadi nontonnya bisa enjoy. Ditambah backsound yang mendukung adegan lucu.. jadi lucu-nya ngga garing.

7️⃣ Kekompakan tim di drama ini juga seru dan bikin baper. Ga ada karakter yang sia-sia dan semua meninggalkan kesan tersendiri. Termasuk pengacara cantik yang naksir ama Yoon Hee Jae (Ju Ji Hoon) naksirnya juga elegan.


8️⃣ Tentu saja plot twist dan permainan hukum-politik di drama ini ga mudah ditebak. Yang bisa ditebak cuma satu, Jung Geum Ja dan Yoon Hee Jae pasti menang! hihi

9️⃣ Gw suka bagaimana drama ini menggambarkan bahwa wanita juga bisa melakukan sesuatu dengan lebih baik daripada pria. Walaupun bukan drama yang 100% woman-centris, tapi karakter Jung Geum Ja di drama ini adalah strong independent woman. Paling suka adegan saat pertama kali Jung Geum Ja kerja di firma hukum Song & Kim, dari semua pengacara terbaik yang ada di ruangan, hanya dialah satu-satunya wanita. Selain itu, gw juga suka banget Jung Geum Ja selalu menengadahkan mukanya dengan penuh percaya diri seolah-olah tak ada yang dapat mengalahkannya!


🔟 Dan yang terakhir... (hmm, harusnya ini gw jadikan poin no 1 sih) suka banget sama akting Ju Ji Hoon di drama ini. Pengacara terbaik, pintar, ganteng, dari keluarga terpandang, tapi klo udah kena virus cinta.. tetep aja jatuhnya BUCIIIINNNN 😆😆😆 Ekspresinya itu lho, memeable banget, ga takut keliatan jelek! Lupakan sosok cowok tsundere di Princess Hours atau pangeran gagah berani di Kingdom. Di drama ini wibawa & kharisma dia sudah luntur gara-gara bucin 🤭🤭🤭 Terlalu banyak adegan gemasshhh yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Dan karena karakter dia adalah pengacara terbaik di firma hukum terbaik di Korea, asli mata gw dimanjakan banget dengan penampilan dia yang rapi jali, rambut pomade dan dan executive look!

Sebenernya yang paling membuat gw terkejut dari drama ini adalah, dengan dialog yang cerdas dan plot twist yang ga bisa ditebak, nama penulis drama ini yaitu Kim Roo Ri ga ada track record-nya di wiki.. jadi besar kemungkinan bahwa drama ini adalah karya pertamanya. Namun berhasil tamat dengan rating 14% bahkan dinominasikan sebagai Drama Terbaik di penghargaan bergengsi Baeksang Arts Awards 2020, ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa bagi sang penulis.

Jadi gimana?
Bikin kamu tertarik untuk nonton ngga?
Atau kalo kamu sudah nonton, setuju ngga dengan poin-poin yang gw jabarin diatas?

Yang jelas, gw setuju dengan pecinta drama ini bahwa HYENA harus ada season 2 nya!

Oiya.. ini adalah OST yang paling gw suka dari drama ini, ada lagu dari Baekhyun EXO yang mendukung banget untuk scene romance dan lagu dari Giriboy yang selalu muncul di scene-scene penuh kemenangan.





from kdramazone

REVIEW DRAMA KOREA : HYENA
REVIEW DRAMA KOREA : HYENA REVIEW DRAMA KOREA : HYENA Reviewed by Hamster Lucu on 5/09/2020 06:39:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.